Tips

Tips Merawat Kaca Spion Mobil

Merawat kaca spion mobil merupakan langkah yang perlu dilakukan secara teratur agar permukaan kaca mobil dapat memberikan gambaran sempurna tentang kondisi di belakang mobil.

Jakarta, Autos.id – Spion adalah alat untuk membantu pengemudi untuk mengawasi jalan bagian belakang mobil yang tak terjangkau mata. Karena itu komponen ini wajib ada dan digunakan oleh setiap mobil.

Karena sangat penting kaca spion mobil harus terawat dengan baik dan harus tetap bening. Tentunya selalu merawat kaca spion mobil agar memberikan signal yang jelas untuk pengemudi agar terhindar dari kemungkinan kecelakana di jalan raya.

“Spion adalah alat untuk membantu pengemudi untuk mengawasi jalan bagian belakang mobil yang tak terjangkau mata”

Berikut beberapa cara untuk merawat kaca spion mobil :

Merawat Kaca Spion Mobil

Langsung Bersihkan Jika Spion Terkena Air Hujan

Pertama. Bila terkena air, apalagi yang mengandung asam seperti air hujan, bersihkan bercak air tersebut dengan campuran vinegar. Vinegar adalah zat asam yang aman untuk kaca spion, jadi tidak menimbulkan efek yang buruk bagi kaca. Jika dibiarkan kaca akan mengalami flek-flek keputihan bergaris dan buram.

Kedua. Jika terkena lumpur, bersihkan sisa-sisa lumpur akibat cipratan di jalan yang sangat menganggu pandangan pada spion mobil. Walaupun sangat jarang terjadi, tapi jangan dianggap sepele, segela bersihkan lumpur tersebut. Bersihkan lumpur kering dengan campuran air sabun atau shampo khusus. Kemudian siram air bersih dengan tekanan kecil. Setelah bersih, gosok perlahan dengan kaun yang lembut agar kembali kinclong.

Merawat Kaca Spion Mobil

Bersihkan Karat di Sela-Sela Spion

Tiga. Bersihkan karat di spion. Karat di dalam spion sangat merusak spion dan menyusahkan gerak dan pengaturan spion. Cara membersihkannya bisa dilakukan sendiri dengan mencopot spion, bersihkan spion dengan kuas kecil, lalu amplas. Setelah bersih lap dengan kain halus sampai karatnya benar-benar hilang, pasang kembali spion.

Semua langkah merawat kaca spion mobil yang telah Autos.id beberkan tentu sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel dan mengeluarkan biaya.

Comments
To Top