Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Cara Hilangkan Bunyi Tembakan Knalpot Motor

suara tembakan dari knalpot motor

Suara tembakan dari knalpot motor kerap dialami oleh para pemilik roda dua. Hal itu menunjukkan ada bagian-bagian pada mesin yang perlu dibersihkan.

Jakarta, Autos.id – Motor yang tidak terawat dengan baik kerap mengeluarkan suara tembakan dari knalpot. Bunyi tembakan ini sangat mengganggu dan membahayakan pengguna motor maupun pengguna jalan lainnya.

Lalu apa yang menyebabkan motor mengeluarkan suara tembakan dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa cara untuk mengidentifikasi suara tembakan dari knalpot motor, terutama yang sering terjadi pada motor matik.

“Lalu apa yang menyebabkan motor mengeluarkan suara tembakan dan bagaimana cara mengatasinya?”

Pertama, cek setelan pilot screw angin atau setelan karburator. Usahakan setelannya sesuai standar pabrikan motor yaitu 2,5-3 putaran penuh atau disesuaikan kebutuhan mesin, sehingga tidak memaksa kinerja mesin.

suara tembakan dari knalpot motor

Cek Sistem Pengapian

Kedua, lakukan pengecekan pada busi. Busi harus layak pakai, bila sudah tak layak dengan terlihatnya kerak hitam pada bagian pemicu api, dianjurkan untuk segera diganti dengan yang baru. Jangan lupa atur ulang gap busi jadi 0,7mm tentunya harus pakai alat pengukurnya, jangan pake kuku jempol apalagi cuma mengandalkan feeling.

Ketiga, cek filter udara motor, filter udara yang kotor bisa menghambat aliran udara menuju karburator, sehingga campuran udara dan bahan bakar tidak berlangsung baik dan membuat pembakaran mesin terhambat. Ganti filter udara setiap 15.000 km kuntuk menjamin optimalisasi ruang bakar.

suara tembakan dari knalpot motor

Bersihkan Filter Udara

Keempat, cek selang vacum bahan bakar menuju ke tangki, pastikan selang ini tidak bocor ataupun sobek.

Kelima, cek juga AIS (Air Induction System), komponen yang menginjeksi udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakaran menjadi lebih ramah lingkungan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 26 Juni, 2023 Autos.id – Kick starter, yang sering disebut juga engkol kaki, digunakan pada sepeda motor agar pengendara masih dapat menyalakannya...

Tips

Jakarta, Autos.id- Pada situasi pandemic covid-19 ini, banyak hal yang mengharuskan kita semua tetap di rumah. Selain tidak bisa beraktivitas seperti biasa, pastinya kendaraan...

Tips

Last updated on 19 November, 2021 Velg racing rawan bengkok jika sering mengalami benturan keras. Ketika velg mengalami kerusakan Anda bisa melakukan perbaikan sendiri...

Tips

Last updated on 16 Agustus, 2023 Jika motor skutik cenderung melompat periksa beberapa komponen ini, seperti kopling ganda, atau V-belt. Bisa jadi ada kerusakan...

error: Content is protected !!