Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Bukan Sentul, Dimana MotoGP Indonesia Digelar?

Valentino Rossi
Teknisi Sedang Selidiki Mesin Rossi

Last updated on 21 April, 2016

Jakarta, Autos.id – Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah menyatakan jika MotoGP Indonesia akan tetap digelar pada 2017. Namun bukan Sentul yang menjadi panitia penyelenggaran, lantas dimana MotoGP Indonesia akan dihelat?

Tinton Soeprapto, Pimpinan pengelola Sentul International Circuit menyatakan jika apa yang direncanakan pemerintah itu sedikit diluar batas hitungan rasional. Pasalnya jika Indonesia akan menggelar MotoGP tahun depan, maka sudah sepatutnya kesiapan itu rampung di pertengahan tahun ini agar Dorna selaku panitia MotoGP mengeluarkan pernyataan pada akhir 2016.

“Dorna akan mengumumkan agenda musim MotoGP 2017 pada November 2016. Dan jauh sebelum itu Dorna akan melihat lebih dulu sejauh mana kesiapan negara-negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan MotoGP pada 1 Juni 2016,” kata Tinton.

Sementara, ujar dia, pemerintah hingga saat ini belum memutuskan apakah MotoGP Indonesia akan digelar di Jakarta, Palembang, atau Bali. Belum lagi Dorna bisa saja menolak jika sirkuit baru yang dibangun oleh pemerintah dalam tempo kurang dari setahun itu tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan Dorna termasuk standar dari FIM.

Sirkuit Sentul Sebaiknya Tetap Gelar MotoGP Indonesia

Sirkuit Sentul Sebaiknya Tetap Gelar MotoGP Indonesia

“Kalau pemerintah memaksa mengatakan mampu menyelenggarakan MotoGP pada 2017, sementara hingga November 2016 secara teknis kondisi sirkuit belum mendukung, maka sanksi pembayaran denda bisa dikenakan. Ini terdapat dalam perjanjian penyelenggaraan MotoGP dari Dorna,” jelas Tinton.

Tinton juga menegaskan jika keinginan Sentul untuk tetap menjadi penyelenggara MotoGP Indonesia bukan sekedar demi meraup untung besar. “Mungkin banyak yang bilang Sentul akan sangat diuntungkan dengan rencana MotoGP. Ini akal-akalan Tinton. Tolong jangan hanya lihat dari situ. Kondisi Sentul sudah 60 persen, kita hanya butuh 40 persen lagi untuk memenuhi standar teknis agar bisa menggelar MotoGP atau bahkan F1. Ini tentu lebih baik daripada mengulang dari nol,” tegas Tinton.

Ia pun menambahkan jika pemerintah lebih melihat luas, jika MotoGP Indonesia atau bahkan F1 bisa diselenggarakan di Republik ini maka banyak pihak yang akan diuntungkan seperti pariwisata, perhotelan, transportasi dan sebagainya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Brad Binder dan Jack Miller mengandalkan KTM RC16 untuk menjalani setiap balapan MotoGP 2023, tapi seperti apa spesifikasi motor purwarupa dari KTM ini? Autos.id...

Aksesoris

Autos.id – MotoGP adalah ajang balap motor paling prestisius di dunia, di mana kecepatan dan performa motor menjadi faktor kunci untuk meraih kemenangan. Salah...

Berita Otomotif

Ketika melihat para rider MotoGP bersaing di sirkuit, pasti muncul pertanyaan ‘apa fungsinya punuk di baju balap motor?’. Autos.id – Setiap rider MotoGP selalu...

Motor

Autos.id – Berbicara mengenai kisaran harga motor MotoGP, dapat dikatakan bahwa harga tersebut berada pada level yang sangat tinggi. Motor MotoGP memang tidaklah murah,...

error: Content is protected !!